20.12.08

open minded

huah..
minggu pertama uas udah gw lewati.
perasaannya ?
nanti aja di postingan gw selanjutnya. hehehe
tinggal DDP nih hari senen. semoga lancar degh. AAMIIN..

- - - - - - - -

sekarang langsung masuk ke topiknya.
kali ini gw mau ngebahas prinsip. gak mau ngebahas yang berat-berat sih, cuma mau melihat dari sudut pandang gw. jangan dijadikan pandangan umum yah, soalnya gw sering kali menemukan pandangan yang beda. tapi Alhamdulillah sejauh ini perbedaannya gak bikin gw (minimal gw yang ngerasa) jauh. gw masih memikirkan kalo gw ada di posisi orang itu (yang beda pendapat sama gw) mungkin gw akan melakukan hal serupa atau mungkin lebih buruk!!
pengalaman pribadi sih, pernah gw kesel sama seseorang karna perbuatannya. tapi pada satu kesempatan gw berada di posisi yang persis sama dengan yang dia alami waktu itu. dan parahnya yang gw lakukan saat itu sama aja. dulu gw pernah mikir kalo dia udah ngelakuin hal yang buruk. tapi berkaca dari perbuatan gw pada posisi yang sama gak ada bedanya. jadi sejak saat itu gw sering membayangkan berada di posisi seseorang saat gw lagi kesel sama dia. alhasil bisa sedikit meredam amarah gw.

nah, kasus yang belum lama ini gw alamin berkaitan sama pandangan orang.
jadi gw ketemu sama orang gitu di forum (bukan scele ataupun kaskus). salah satu thread ada yang ngomongin pandangan member forum itu tentang satu masalah, sebut aja masalah T. ada orang yang post kalem-kalem aja dan dia jelasin pendapatnya dan di akhir postingannya menyertakan kata-kata kurang lebih seperti berikut :

" . . . . [pendapat dia tentang masalah T]

~ ini cuma opini gw lho. jadi ya maap kalo ada beda pendapat ato ada yang merasa tersinggung. thanks for reading. :) "


gw yang baca sih oke oke aja. apalagi gw sependapat sama dia [mulai sekarang sebut aja oknum D] tentang masalah T. tapi gak lama kemudian pas gw ngeliat reply dari member laen [oknum B] ada yang nyolot gitu.
di postingannya B secara frontal nyerang D dengan ngata-ngatain gitu. emang sih mereka beda pendapat yang bener-bener gak bisa disatuin. tapi setidaknya bisa ditanggapi baik-baik. gw yang lagi asik baca jadi kebawa emosi juga jadinya. pengen ngebales B, tapi gak jadi. sama aja kayak dia dong kalo gw posting balesan langsung. akhirnya gw terusin dulu baca sampe bawah. dan emang sebagian besar dari yang berpendapat itu menyampaikan opininya dengan cara yang kurang tepat, yang bisa bikin suasana panas. kesel juga sih gw, diajak ngomong baik-baik malah ngajak berantem. karna takut bikin suasana makin panas gw gak jadi reply, mending nyundul thread lain biar nutupin thread T ke page 2. sampe sekarang sih masi terpampang di page 1, tapi semoga cepat mereda masalahnya.
emang sih, kalo diliat dari topiknya trit ntu jelas bakalan nimbulin kontroversi, gak jauh beda sama kontroversi RUU Pornografi yang disahkan juga sama pemerintah. tapi mengingat netiket yang harus dijaga tetep aja cara kayak gitu salah. belum lagi kalo yang nge-reply orang2 yang songong, gak mau pendapatnya kalah ataupun dibilang salah, gak open minded, gak nyoba ngeliat masalah dari sisi yang berbeda.
ibaratnya lagi ngeliat kubus. cuma diliat dari sisi depannya, padahal masih ada lima sisi lain yang belum tentu sama dengan sisi depan.
menurut gw pribadi, mengangkat topik yang sensitif untuk dibahas di forum itu ada manfaatnya juga, bikin kita yang baca jadi lebih 'melek' tentang tu masalah. gak melulu ngeliat masalahnya dari sisi kita. sukur2 kalo ternyata kita dapet pencerahan atau dapet pendapat yang lebih tepat. tapi kalo ngeliat kasus di atas yang gw alami yaa malah bikin masalah baru. makanya sampe sekarang gw gak pernah bikin trit, paling juga reply di trit orang. kalo belom paham tentang masalahnya ya sebaiknya gw gak jadi posting, daripada jatohnya sok tau.. :p


hmmm..
kayaknya itu aja sih yang mau gw share di postingan kali ini.
sekali lagi gw tekankan, ini pendapat pribadi gw. kalo ada salah kata mohon dikasi tau salahnya n kalo beda pendapat mohon toleransinya aja yaa..
thanks 4 reading.
hehehe.. :D

SEMANGAT UAS DDP !!! :)



~ wallahu'alam bishshawab

1 comments:

Anonymous said...

ayo feb,, dapetin IP bagus di semester satu :D