5.11.08

manfaat memiliki sebuah blog

sepertinya akhir-akhir ini sudah sangat banyak orang yang berkampanye untuk menjadikan blogging sebagai salah satu budaya yang membumi di masyarakat. contohnya adalah ini.
kalau dilihat memang banyak sekali manfaat jika kita memiliki sebuah blog dan sering berkunjung ke blog lain (atau yang sering disebut blog walking).



berikut contoh-contoh manfaat blogging yang telah saya rasakan :

- membuka wawasan
yap.tentu saja, banyak sekali informasi yang bermanfaat (ingat! UU Pornografi sudah disahkan). mulai dari tutorial sampai tips n trik. apalagi jika sebuah blog dibuat dengan maksud membagi pengetahuan. sudah pasti itu sangat bermanfaat bagi orang banyak.
cukup ketikkan keyword atau kata kunci pada search engine maka Anda akan mendapatkan apa yang diinginkan.

- lebih mengenal kawan
jujur. semenjak blog walking menjadi hobi utama saya, saya lebih mengetahui tentang kepribadian teman-teman saya. mulai dari profil, ciri khas hingga kebiasaannya sehari-hari. hal itu saya dapatkan dari postingan mereka yang cukup variatif (share experience, live report, dll)

- memotivasi diri
umumnya seorang blogger yang sudah cukup lama berkutat dengan blognya akan membagi semangat yang dimilikinya kepada para blog walker. hal itu bisa membuat para pembaca termotivasi dan lebih semangat dalam kesehariannya.
mulai dari motivasi umum hingga yang religius.

- menularkan kebiasaan baik
suatu ketika seorang teman saya mem-publish tulisannya mengenai kehidupannya selama satu pekan ke belakang. di dalam tulisannya itu ia menyatakan bahwa ia sering mencoba membaca buku sebelum dosen menerangkan. ia merasa sangat terbantu dengan hal itu. karena saya memiliki masalah yang tidak jauh beda saya mencoba mempraktekkannya. dan ternyata hasilnya cukup memuaskan, saya juga merasa terbantu dalam memahami kuliah.

- menambah relasi
biasanya saat saya sedang blog walking saya sering membuka link-link yang ada pada blog tersebut. tak jarang pula saya meninggalkan komentar atau hanya mengisi chat box yang ada. ya minimal bertegur sapa atau mengomentari tulisannya. dengan begitu biasanya bisa menambah kenalan saya di dunia maya dan menambah referensi saya dalam melakukan suatu hal. seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tulisan yang bagus bisa bermanfaat besar bagi para pembacanya. lagi-lagi berkaitan dengan salah satu postingan favorit saya, butterfly effect judulnya. :)

- mengetahui berita ter-update
ada sebagian orang yang jarang sekali menonton berita. sehingga bisa gapbrit (gagap berita -istilah baru-). sedangkan jika ia rajin blog walking ia bisa mendapat berita terbaru yang sering kali dibahas di blog temannya.
buat info, saat ini sudah bisa dipastikan Barack Obama akan memimpin Amerika Serikat pada masa kepresidenan berikutnya. pemilihannya sendiri telah diselenggarakan 4 november kemarin. banyak orang yang memperkirakan kemenangan Obama akan membuat dunia sedikit lebih tenang karena serangan militer akan dikurangi. tapi hanya waktu yang bisa menjawabnya.


setidaknya itulah yang sudah saya rasakan semenjak menjadikan blog walking sebagai hobi saya. saya juga ingin berterima kasih kepada teman saya yang telah menularkan hobi blog walking.


ps :
buat para blogger ayo ramaikan Pesta Blogger 2008.
klik link yang ada untuk informasi lebih lanjut.


jadi, tunggu apa lagi? ayoooooo ngeBlogggg



*sekali-sekali nulis dengan gaya formal.hehehe :)

6 comments:

Alvian Chris Pradana said...

gw jg di invite tu ma pesta blogger pdhl postingan gw baru 4. tp gw gbsa dateng males gw ke jakarta cma buat gtuan mending gw blogger kelas wahid. newbie gini..hhee

Anonymous said...

gimana caranya di invite begitu yah?

Ikhma said...

Assalamualaikum..

ada PR untuk anda. kerjain yaa,, :D

Ikhma said...

klik ini deh peb: tipe tipe blogger

lo kayaknya angin anginan. hehe. PISS.

Anonymous said...

eit ada yang kurang
yaitu buat nyari duit :)

ardi said...

@abdurahman :
hwaduh,,namanya gak nahan..
hahahaha :p

kalo di fesbuk kayaknya cukup pasang blog kita di situ. kan kalo gak salah ada aplikasinya..

@ikhma :
ntar aja deh gw ngerjainnya
lagi banyak urusan nih..
*sok sibuk gitu gw*