28.10.08

Butterfly Effects

sebuah kepakan kecil seekor kupu-kupu bisa mengakibatkan bencana dahsyat di belahan dunia yang lain (Majalah Sabili edisi November 2008)




*butterfly effect adalah sebuah istilah atau mungkin filosofi yang cukup tenar karna maknanya yang mendalam*


kenapa ya gak binatang lain yang dijadiin nama istilah gitu? kenapa harus kupu-kupu? gw sendiri gak tau kenapa kupu-kupu yang dipilih.
mungkin karna dia binatang yang punya image baik tapi tetap mampu membuat sebuah peristiwa besar yang bahkan bisa menghancurkan hidup orang banyak.


intinya, butterfly effect means what we do now will affect all human's life in the next period.
yap, mungkin aja hal yang lo lakuin sekarang bisa membuat orang ditimpa kemalangan ataupun sebaliknya. tapi tentunya itu semua di luar kuasa kita sebagai seorang mahluk dhoif yang gak berarti apa-apa di hadapan-Nya *gaya bet ya gw*.


contohnya gini, tadi siang yudha ngasih tau gw kalo dia udah pindah ke kontrakannya jadi kita ga bakalan pulang bareng dia lagi. mungkin bagi sebagian orang termasuk yudha itu tidak berdampak besar, tapi buat kita para anker *anak kereta* pasti jadi agak lebih sepi.
ya walaupun memang kecil pengaruhnya tetap aja ada perubahan yang terjadi.


hujan yang turun saat gw menulis postingan ini pun mungkin merupakan efek dari suatu tindakan seseorang nun jauh disana. tanpa sepengetahuannya dia telah mempengaruhi bumi ini.

kisah serupa adalah seorang lulusan SMA yang berniat menuntut ilmu di Arab Saudi pada awalnya. namun karna suatu kejadian yang terjadi jauh di belahan bumi yang berbeda ia gagal mewujudkan mimpinya. tapi apa yang diberikan Allah swt ternyata lebih baik dari yang ia harapkan. belum genap setahun ia langsung mendapat beasiswa studi s1 di luar negeri juga tentunya. benar-benar tak terduga kan.


mungkin yang bisa gw katakan buat yang baca blog gw ini dan terlebih kepada diri gw sendiri adalah jangan berkelakuan yang aneh-aneh. karna kita gak pernah tau pasti apa dampak dari perbuatan yang baru aja kita lakuin.
syukur kalo itu berimbas baik pada orang lain, kalo buruk? apalagi kalo kita tau yang kita lakuin itu salah *gw juga masih sering sih.hehe*.


satu kali aja kita menghentakkan kaki, kita secara tidak langsung telah mengubah dunia dari sebelumnya *bukan berarti berubah signifikan*.


dan buat kita-kita yang merasakan imbas dari 'kepakan sayap' orang lain mungkin sepatutnya bersyukur atas apapun yang terjadi. seperti mengutip dari prinsip salah seorang dosen di FASILKOM, "Teruslah Bersyukur". dan kata" gw pribadi yang selama ini gw pegang :

kita selalu mendapatkan yang terbaik.
tetapi apa yang kita harapkan tidak selalu yang terbaik untuk diri kita dan orang lain


maksudnya semua yang kita dapatkan itu pasti yang terbaik buat kita. walaupun bertentangan dengan apa yang kita inginkan. mungkin saja apabila yang kita inginkan terwujud kita tidak akan mampu melewati ujian yang akan menghadang kita di sana. atau hal itu terlalu mudah untuk kita? dan yang sekarang kita dapatkan merupakan ujian yang akan menaikkan derajat kita di hadapan Sang Pencipta.
*yah, suka sok bijak gitu gw.maaf yah.hehe*

berbagi motivasi lagi nih. kita juga sudah dikasih tau sama Dia kalo "Setelah kesulitan pasti ada kemudahan (Q.S Al-Insyirah:5-6).", bahkan diulang 2x lho. penegasan yang bisa kita lihat secara kasat mata.
mungkin itu bisa sedikit membantu dan menyemangati kita yang sedang diuji dengan berbagai macam cobaan.
semoga aja dengan melihat itu kita bisa sedikit terbantu secara psikologis dan merasakan ada semangat yang lebih mengalir dalam urat nadi kita. *hehe.maaf yah klo gw sok tau*


gw amat berharap tulisan gw yang singkat ini bisa menjadi sebuah 'kepakan sayap seekor kupu-kupu' yang mampu menggerakkan tentara yang akan berperang melawan musuh-musuh umat manusia.
AAMIIN...

wallahu'alam bishshawab



* lagi kangen suasana religi.jadi begini deh. :) *

9 comments:

Anonymous said...

hehe,bagus juga Bi tulisan nt.

contoh lain bisa begini ya:
kalo kita nanem kebaikan, buah pahalanya bisa berlipat-lipat tanpa disangka-sangka.
misal ngajarin temen ngoding yang bener, trus dia jadi bisa, kebawa-bawa ilmunya ampe kerja, trus dia bikin semacem ilmukomputer.com, banyak orang yang dapet manfaat dari ilmukomputer.com, trus orang yang dapet manfaat dari ilmukomputer.com ngajarin yang lain lagi....

weleh-weleh...
panjang banget jadinya.... :-)

ardi said...

@kak yans:
hehe..makasih ya kak..gak bagus2 bgt ko.itu juga terinspirasi sama artikel di majalah..
*masih baru ni di blog,, masih butuh banyak bantuan.mungkin yg bisa bantu nanti dapet pahala kaya orang yang ngajarin ngoding itu..hehehe

:) :)

Anonymous said...

assalamualaikum.. :)

bagus bangeeeeeet.. wuihh.. ckckck. :D :D :D

iya ya, personil anker udah berkurang satu.. (T.T)


hujan yang turun saat gw menulis postingan ini pun mungkin merupakan efek dari suatu tindakan seseorang nun jauh disana. tanpa sepengetahuannya dia telah mempengaruhi bumi ini.

maksudnya siapa peb?

jangan berkelakuan yang aneh-aneh. karna kita gak pernah tau pasti apa dampak dari perbuatan yang baru aja kita lakuin.
yak, sangat setuju. hahaha. :D

"Setelah kesulitan pasti ada kemudahan (Q.S Al-Insyirah:5-6)."
salah satu ayat yang paling gw inget juga. :)

jadi semangat lagi nih. huehehe.

terimakasih saudara feby.. :D :D :D

wassalamualaikum.. :)

ardi said...

@ikhma:
wa'alaikumsalam..
iya nh brkuran..hiks *lebai*
ya gatau gw.maksudnya ntu kali aja itu butterfly effect dari kelakuan seseorang jauh di sana..

sama"..hehehe,

Ayazizah The Second said...

hmmm....
tulisan kali ini bener2 bermakna yah (halah, kyk gw selalu bermakna ajah)

hehe good 4 u lah, justru gw kyknya lg dlm masa2 b*j*t gw.

muahahahahahahahahaha...

tolongin gw untuk tobat, feb^^

ardi said...

@aruni:
iya nih..lagi banyak malaikat di sekeliling gw..hehehe

gw bantu pake doa aja yh.. :)

Anonymous said...

ooo...gitu, anak Ui toh rupanya
...
slam kenal^^
dapet istilah baru, blog walking ya?
butterfly effect...mrip domino effect, tapi tanpa perantara..

butterfly efect..saya pernah baca klsah yg sama, di bundel soal tpb ku..[haha, ketahuan, bukan belajar malah baca cerita..abis gamais sih]

tentang tikus yg teriak2 melihat perangkap tikus. ayam yg mendengar, cuek. kambing bilang ga ada urusan. kerbau melenguh tak peduli. bgi mereka, perangkap tikus takkan membunuh mereka.
tapi malam hati ular datang dan terperangkap di perangkap tikus, si ibu yg mencoba membunuh ular malah hampir mati, untk menylmatkannya harus pake darah ayam. si ayam disembelih. ehm si ibu mati. maka diadakan acara penguburan, maka kambing dan kerbaupun di potong....

betapa kepedulian terhadap hal2 kecil seperti itu.. tanpa terduga, membawa butterfly effect...[yes, dapet kata2 baru..hehe]

visit abdurrahmaniz.wordpress.com
salam kenal^^

ardi said...

@abdurrahman :
wihh..bagus bgt tuh ceritanya, bener" keren.mungkin mirip kali butterfly effect sama domino effect.cuma beda istilah aja..intinya sama kan konsepnya.. :)

Bee said...

@ Feby: numpang berbagi ya..
Setahu aku, butterfly beda dari domino effect. Butterfly akan memberikan akibat yang berlipat2 kali lebih besar dibandingkan sumbernya. sementara domino efek cenderung digunakan untuk menggambarkan bagaimana suatu peristiwa "menyenggol" peristiwa yang lain. semua itu memang membawa perubahan, tapi resonansi alias efek yang diakibatkan oleh butterfly efek lebih besar (kaya menggandakan diri gitu) dibandingkan domino efek.

Kalo diibaratkan hitungan matematis, prinsip penggandaan efek pada butterfly effect lebih mirip sama hitungan kuadrat di papan catur, dimana 2 butir beras yang diletakkan di kotak catur pertama, digandakan menjadi 4 butir di kotak kedua, jadi 16 butir di kotak ketiga, & seterusnya. Prinsip penggandaan inilah yang bikin efek kupu2 lebih banyak diaplikasikan untuk situasi yang buruk..

Yah,, itu tadi semata2 berbagi pemahaman aja. Interpretasi aku tentang butterfly effect ya begitu.. :b