26.10.08

evaluasi && kersos 2008 part 1

23okt08

Gak ada yang beda secara signifikan hari ini. Kuliah seperti biasa. Mulai dari MD terus DDP n berakhir di MPKT. Sebelumnya gw udah dapet sms pemberitahuan dari kak Danu untuk ngumpul di sekre jam setengah 1. Ngumpul buat semua yang daftar oprec Open House FASILKOM n terpilih jadi anggota acaranya. Setelah makan sekitar jam setengah 1 langsung ke sekre then berkumpul dengan yang lain. Awalnya agak bingung, soalnya ada beberapa lingkaran gitu n sempet salah juga. Ada ngumpul open house juga tapi bukan yang bagian acara. Pas udah nemu yang bener ternyata udah mau selesai. Pada pertemuan itu cuma dibahas tugas-tugas bagian acara. Selanjutnya akan ada pertemuan yang lebih spesifik.
Abis itu langsung sholat zuhur n ke bawah menuju perpus pusat buat MPKT CML di sana. Gak taunya tugas makalah kelompok gw belom di-print. Jadilah gw nunggu bareng arlan timas n riska.

Kelas MPKT dimulai.

Selesai MPKT menuju FASILKOM buat evaluasi. Yap, hari ini kita akan bertemu lagi dengan para tibum -bagian dari panitia PMB yang bertugas sebagai evaluator- di lantai 6. Ternyata kita dikumpulin di lapangan belakang yang deket parkiran, tapi karna hujan tiba-tiba turun kita kembali ke alamnya. Yakni di lantai 6. Waktu itu banyak banget yang dateng, bahkan pas didata ulang cuma ada 3 orang yang gak ada kabarnya. Padahal evaluasi sebelumnya mencapai 50orang yang gak jelas entah kemana. Jujur, gw bangga banget akhirnya yang dateng pas evaluasi kali ini hampir lengkap. Bener-bener progress yang cukup memuaskan buat gw pribadi. Setelah evaluasi oleh tibum tiba" para mentor masuk satu persatu dan akhirnya kami semua *ultra dan mentor* terlibat dalam sebuah diskusi yang cukup serius. Membahas kondisi ULTRA yang dikhawatirkan oleh para mentor. Gw ngerasa yang kaya gini ini lebih 'ngena' ke gw. Gatau yang laen gimana. Diskusi itu bikin gw makin sadar pentingnya mabim dan seluruh kegiatan PMB yang sedang dilaksanain panitia untuk kami, ULTRA2008. Bener-bener terharu waktu itu. Sampe-sampe kak Dephira di akhir diskusi nangis. Agak pengen nangis juga sih, tapi masih bisa tertahan. Saat itu gw belum tau kalo ternyata di SCeLe udah banyak postingan dari para pendahulu FASILKOM yang ngebahas mabim.

Review versi lainnya ada di sini.

25okt08

Selanjutnya yang akan gw bahas adalah tentang KerSos 2008 yang namanya ULTIM@TE (ULTra In Mission @T Elementary School).
Acaranya dimulai sekitar jam 8 pagi. Sebagian besar panitia naik bis carteran yang berangkat dari FASILKOM sekitar jam setengah tujuh. Selebihnya langsung dari rumah. Gw sendiri naik busway kesana karna akan lebih jauh kalo gw ke FASILKOM dulu. Bareng sama Irene n Yudha yang rumahnya ga jauh dari rumah gw, kita bertiga berangkat dari shelter PGC jam 7 *padahal janjiannya jam setengah tujuh*.
Sampe di shelter RS Islam agak buta arah n berniat menunggu situasi dulu. Gak berapa lama Ipeh dateng dari dalam shelter. Jadinya berempat, dan dengan menggunakan insting ke-bolang-an *halah* kita akhirnya keluar shelter n langsung nanya sama penjaga warung. Setelah dikasih tau jalan ke SDN Cempaka Baru 07 pagi kita langsung masuk gang sambil matanya ngeliat kanan kiri takut kelewatan.
Pas udah 5menitan jalan kaki gak taunya ada Itsna naek motor *ipeh minta jemput*, katanya gak jauh. Bener, gak lama jalan kaki uda nyampe n ternyata uda lumayan rame juga. Kesan pertama ke sekolah ini biasa aja, gak terlalu jelek atau pun bagus banget. Ternyata di gedung sekolah itu ada 3 sd, 2 yang masuk pagi dan 1 yang petang.
Sebenernya agak gak enak juga sama murid sekolah sebelah. Sekolah mereka gak kita ajakin. Tapi akhirnya rasa gak enak itu hilang karna gw mendengar dari salah satu temen gw sesama panitia kalo murid sekolah itu lebih beruntung. Banyak dari mereka yang udah punya handphone sendiri *gila aja.waktu gw sd aja gw belum kenal sama HP*. Sedangkan sekolah yang kita datangi itu sebagian besar berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Setelah acara dibuka dengan sambutan dari beberapa orang yang berwenang murid-murid langsung dibagi jadi dua kelompok besar. Kelas 1-3 tetap di lapangan, kelas 4-6 masuk ke kelas. Gw kebagian jadi kambing (kakak pembimbing) *nama yang ambigu* kelas 2. Dapetin sepuluh murid buat di kambing-in itu susah banget. Pada takut gitu anak-anaknya.




to be continued . . . .

0 comments: